PENGERTIAN SOCIAL MEDIA

Minggu, 02 Januari 2011

Pengertian social media

Media sosial adalah media untuk interaksi sosial, dengan menggunakan teknik penerbitan sangat diakses dan scalable. Media sosial menggunakan teknologi berbasis web untuk mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein juga mendefinisikan media sosial sebagai "kelompok aplikasi berbasis Internet yang dibangun di atas fondasi ideologi dan teknologi Web 2.0, yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran konten yang dibuat pengguna." [1] Bisnis juga lihat media sosial sebagai media konsumen yang dihasilkan (CGM). Sebuah thread umum berjalan melalui semua definisi media sosial merupakan perpaduan teknologi dan interaksi sosial bagi penciptaan co-nilai.

Media sosial, Pemasaran, dan "otoritas sosial"

Salah satu komponen kunci dalam pelaksanaan pemasaran media sukses sosial adalah membangun "otoritas sosial". Sosial otoritas dikembangkan ketika sebuah individu atau organisasi menetapkan diri mereka sebagai "ahli" di bidangnya, atau bidang, sehingga menjadi "influencer" di lapangan atau area.

Hal ini melalui proses "membangun otoritas sosial" bahwa media sosial menjadi efektif. Itu sebabnya salah satu konsep mendasar dalam media sosial telah menjadi bahwa Anda tidak bisa sepenuhnya mengendalikan pesan Anda melalui media sosial tetapi Anda hanya dapat mulai untuk berpartisipasi dalam "percakapan" dengan harapan bahwa Anda bisa menjadi pengaruh yang relevan dalam percakapan itu.

Namun, partisipasi percakapan harus cerdik dieksekusi karena sementara orang tahan terhadap pemasaran pada umumnya, bahkan mereka lebih tahan terhadap langsung atau terang-terangan pemasaran melalui platform media sosial. Hal ini mungkin tampak kontra-intuitif, tetapi merupakan alasan utama bangunan otoritas sosial dengan kredibilitas sangat penting. Seorang pemasar umumnya tidak dapat mengharapkan orang untuk bisa menerima pesan pemasaran dalam dan dari dirinya sendiri. Dalam laporan Trust Edleman Barometer pada tahun 2008, mayoritas (58%) dari responden melaporkan bahwa mereka paling terpercaya informasi perusahaan atau produk yang berasal dari "orang-orang seperti saya" disimpulkan menjadi informasi dari orang yang mereka percayai. Pada 2010 Trust Laporan, mayoritas beralih ke 64% lebih memilih informasi mereka dari para ahli industri dan akademisi. Menurut Inc Teknologi Brent Leary, "ini kehilangan kepercayaan, dan pergantian atas terhadap ahli dan otoritas, tampaknya bertepatan dengan munculnya media sosial dan jaringan."

Dengan demikian, menggunakan media sosial sebagai bentuk pemasaran telah diambil pada tantangan baru. Sebagai 2010 Trust Studi menunjukkan, hal ini sangat efektif jika upaya pemasaran melalui media sosial berkisar pada bangunan asli otoritas. Seseorang melakukan "pemasaran" peran dalam perusahaan jujur harus meyakinkan masyarakat tentang niat asli mereka, pengetahuan, dan keahlian di bidang tertentu atau industri melalui penyediaan informasi yang berharga dan akurat secara berkelanjutan tanpa sudut pemasaran terang-terangan terkait. Jika hal ini bisa dilakukan, kepercayaan, dan, penerima informasi yang - dan pesan itu sendiri - mulai berkembang secara alami. Orang atau organisasi yang menjadi pemimpin pemikiran dan penyedia nilai - pengaturan diri mereka sebagai "penasehat" terpercaya bukan pemasar. "Top of mind awareness" mengembangkan dan konsumen secara alami mulai tertarik dengan produk dan / atau penawaran dari kewenangan / influencer.

Tentu saja, ada banyak cara otoritas dapat diciptakan - dan pengaruh dapat dilakukan - termasuk: partisipasi dalam Wikipedia yang sebenarnya memverifikasi konten yang dibuat pengguna dan informasi lebih dari kebanyakan orang sadari, menyediakan konten yang berharga melalui jaringan sosial pada platform seperti Facebook dan Twitter, penulisan artikel dan distribusi melalui situs seperti Ezine Artikel dan Scribd, dan memberikan jawaban berdasarkan fakta pada "masalah sosial dan situs menjawab" seperti Answers eHow dan Yahoo!.

Sebagai hasil dari media sosial - dan pengaruh langsung atau tidak langsung dari pemasar media sosial - hari ini, konsumen adalah sebagai kemungkinan - atau lebih mungkin - untuk membuat keputusan pembelian berdasarkan apa yang mereka baca dan lihat di platform yang kita sebut "sosial" tapi hanya jika disajikan oleh seseorang yang mereka telah datang untuk percaya. Itu sebabnya tujuan sosial dan hati-hati dirancang strategi media telah menjadi bagian integral dari rencana pemasaran yang lengkap dan terarah, tetapi juga harus dirancang dengan menggunakan lebih baru "membangun otoritas" teknik

0 komentar: